4 Kriteria Pasta Gigi yang Bagus untuk Mencegah Gigi Berlubang

Gigi berlubang merupakan kondisi yang tidak menyenangkan. Rasa nyeri bukan main yang diakibatkan oleh gigi berlubang bisa membuat seseorang tidak nyaman untuk makan, tidur, maupun melakukan berbagai aktivitas lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya cegah gigi berlubang dengan menggunakan pasta gigi yang tepat. Berikut kriteria yang dapat anda perhatikan.

Kriteria Odol yang Bagus untuk Mencegah Gigi Berlubang

  1. Mengandung Fluoride

Banyak bahan aktif yang umumnya diformulasikan ke dalam odol, guna membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dimana salah satu bahan penting yang harus ada di dalamnya yaitu fluoride. Sebab berbagai penelitian menunjukkan bahwa bahan tersebut secara efektif mampu mencegah karies dan penumpukan plak pada gigi.

Itu karena fluoride bisa membantu dalam melindungi serta memperkuat lapisan enamel gigi. Tidak hanya itu, namun fluoride juga bisa membantu proses remineralisasi gigi apabila sudah mulai membusuk. Alhasil pembusukan pada gigi tidak akan semakin parah hingga membuat gigi berlubang.

  1. Punya Bahan Aktif Lainnya untuk Gigi Berlubang

Bahan aktif yang digunakan pada pasta gigi untuk gigi berlubang bukan hanya fluoride. Sehingga anda perlu memastikan bahan aktif lainnya memang bagus untuk masalah gigi tersebut. Seperti agen abrasif, humektan, hingga pengental seperti rumput laut colloids, mineral colloids, atau synthetic cellulose.

Agen abrasif berperan dalam membantu menghilangkan sisa makanan dan noda dari gigi. Humektan berfungsi untuk tekstur pada gigi supaya tidak cepat kering dan tetap lembap. Sementara pengental akan membuat tekstur yang khas pada odol. Selain itu beberapa odol juga mengandung deterjen untuk membuat busa ketika anda menggosok gigi.

  1. Punya Izin Edar dari BPOM

Tidak boleh dilupakan, izin edar menjadi hal penting yang patut anda perhatikan ketika hendak membeli odol. Meskipun sudah diklaim mempunyai banyak manfaat, namun anda tidak bisa langsung mempercayai klaim tersebut apabila produk belum mempunyai izin edar dari BPOM ini. Tujuannya yaitu untuk memastikan bahwa setiap kandungan di dalamnya memang aman untuk digunakan.

  1. Tidak Mengandung Zat Iritan

Kriteria lainnya yang harus diperhatikan pada pasta gigi untuk cegah gigi berlubang yaitu tidak mengandung zat iritan. Karena sejumlah bahan aktif di dalam odol ternyata dilaporkan sebagai zat iritan atau alergen, sehingga kurang bagus jika digunakan. Beberapa di antaranya yaitu asam sitrat, natrium lauril sulfat, parabens, triclosan, pirofosfat, dan propilen glikol.

Salah satu tanda paling khas ketika anda mengalami alergi dari odol adalah munculnya sariawan di mulut. Entah itu di bagian langit langit mulut, lidah, gusi, bibir, hingga pipi. Jadi pastikan anda mengecek satu per satu daftar komposisi bahan aktif yang ada, sehingga tidak sampai mengalami berbagai permasalahan tersebut.

Itu dia kriteria odol yang harus anda perhatikan untuk mencegah gigi berlubang. Apabila gigi sudah berlubang, anda pun masih dapat menggunakannya untuk membantu merawat dan memulihkan gigi. Adapun produk yang memenuhi berbagai kriteria tersebut yakni Olaif Complete Care Toothpaste, sehingga patut dijadikan pilihan.