Mengenal Lebih Jauh Perbedaan Antara Speaker Aktif dan Pasif dalam Sound System

Tidak bisa dipungkiri bahwa speaker memiliki peran yang begitu penting dalam sebuah sistem audio. Fungsi dari speaker sendiri yaitu mengubah sinyal atau audio menjadi suara yang dapat didengar oleh audiens. Saat ini bisa dibilang bahwa banyak orang yang mencari speaker aktif terbaik. Namun tahukah anda apa beda speaker aktif dan pasif ? Kenali pada ulasan berikut sebelumnya membelinya.

Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif

Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif

  1. Speaker Aktif

Speaker aktif yaitu jenis pengeras suara yang telah dilengkapi dengan power amplifier bawaan atau dengan model built in. Oleh sebab itu, jenis speaker ini memungkinkan anda untuk secara langsung mengatur besarnya suara saat menggunakan. Seperti mengatur suara rendah dan keras maupun opsi lainnya.

  1. Speaker Pasif

Sebaliknya, speaker pasif merujuk pada jenis speaker yang tidak dilengkapi dengan rangkaian power amplifier di dalamnya. Sehingga anda perlu menggunakan amplifier tambahan untuk menjalankan speaker pasif. Selain itu, sinyal yang ada juga harus diperkuat untuk merelokasi speaker pasif tersebut. Biasanya jenis speaker ini ditemukan dalam rangkaian sound system yang berukuran besar.

  1. Desain dan Bentuk

Saat membeli speaker aktif terbaik, anda akan melihat bahwa desain dan bentuk speaker ini memiliki perbedaan dari speaker pasif. Dimana speaker aktif secara umum didesain dengan lebih simpel dan portabel. Bahkan saat ini desain speaker seperti ini sudah semakin canggih, sehingga memungkinkan anda untuk memutar musik dari smartphone melalui koneksi wireless.

Di sisi lain, speaker pasif mempunyai rangkaian yang jauh lebih rumit. Jenis pengeras suara seperti ini membutuhkan power amplifier, mixer, atau tone control yang berada di luar box. Sehingga tidak heran jika desainnya lebih rumit dan bentuknya pun lebih besar. Alhasil speaker pasif jauh lebih sulit dipindah pindahkan bila dibandingkan dengan speaker aktif.

  1. Kapan Akan Digunakan

Berbicara mengenai waktu penggunaannya, ada perbedaan tersendiri antara speaker aktif dan pasif. Dimana untuk speaker pasif cenderung tidak akan sering digunakan untuk kebutuhan sehari hari, sebab konsumsi daya listriknya yang relatif besar. Sementara speaker aktif membutuhkan daya listrik yang lebih kecil sehingga sering digunakan untuk karaoke, hingga output suara kala menonton film.

  1. Harga Speaker

Melihat banyaknya perbedaan yang ada, tentu speaker aktif terbaik dibanderol dengan harga yang berbeda dari speaker pasif. Meski terkenal praktis, speaker aktif nyatanya memiliki harga yang jauh lebih murah sebab power amplifier dan tone control yang sudah built in. Sedangkan speaker pasif dibanderol lebih mahal karena sistemnya yang lebih kompleks.

Jadi apabila anda mencari speaker untuk keperluan audio sehari hari hingga berbagai cara, tentu speaker aktif menjadi pilihan tepat. Speaker aktif dengan kualitas terbaik sendiri bisa anda dapatkan di Goshen Swara Indonesia, yang menawarkan deretan speaker dari brand terpercaya dan ternama. Tunggu apa lagi ? Segera dapatkan speaker terbaik di Goshen sekarang juga!